By Plimun Web Design

Jadwal Seleksi CPNS 2014 dapat dilihat dengan klik Logo Pengumuman lalu pilih Penerimaan CPNS selanjutnya pilih Tahun 2014

DPRD Respon Keluhan Pelanggan PDAM

PAREPARE - Banyaknya keluhan masyarakat khususnya pelanggan PDAM Parepare yang kurang lancar suplai air bersih , mendapat respon dari anggota DPRD Kota Parepare khususnya Komisi III. Komisi III DPRD Kota Parepare mengundang Direktur PDAM Parepare untuk rapat dengar pendapat yang dilaksanakan pada hari Rabu, 30 Januari 2013 di Kantor DPRD Kota Parepare.


Dalam dengar pendapat tersebut anggota Komisi III DPRD Parepare mempertanyakan penanganan keluhan pelanggan, seperti yang diungkapkan oleh Kurtafati, S.Sos, selain penangan keluhan juga mempertanyakan banyaknya pelanggan PDAM Parepare yang tidak mendapatkan air bersih pada 1 minggu terakhir ini, langkah apa saja yang dilakukan oleh PDAM Parepare seperti jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Sedangkan anggota lainnya H.A. Abd. Rahman Saleh, SE. Mempertanyakan penyebab banyaknya keluhan masyarakat yang kurang lancar airnya, sebab sekarang ini air baku di Sungai Karajae melimpah tapi masyarakat masih kesulitan mendapatkan air bersih dari PDAM Parepare. Lain lagi anggota lainnya H. Sudirman Tansi, SE. menyampaikan berapa biaya yang dibutukan PDAM Parepare agar pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur PDAM Parepare H. Fahruddin A. Umar menjelaskan bahwa penanganan keluhan pelanggan PDAM Parepare baik melalui telepon aduan maupun lewat SMS Center langsung ditindak-lanjuti oleh Sub Seksi yang terkait sepanjang permasalahan tersebut bukan akibat gangguan dari sumber . Adapun banyaknya keluhan pelanggan yang tidak mendapatkan air pada akhir minggu ini diakibatkan oleh adanya kerusakan pompa isap kapasitas 40 ltd/dt. di sumur Intake Sungai Karajae yang terjadi pada hari Jum at 25 Januari 2013.

Mengenai berlimpahnya air baku karena sudah musim hujan, sedangkan masih ada pelanggan yang kurang lancar airnya sebelum adanya kerusakan pompa isap pada sumur intake, Direktur menjelaskan bahwa kemampuan mesin yng ada di sungai karajae hanya mampu memproduksi air sebanyak 216 ltr/dt dari kapasitas terpasang 240 ltr/dt, , dengan kapasitas sebesar 216 ltr/dt hanya mampu melayani 16.200 SR , sedangkan jumlah pelanggan PDAM Parepare pada akhir tahun 2012 sebanyak 17.263 SR. Jadi masih diperlukan satu Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berkapasitas 40 ltr/dt.

Untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan, maka diperlukan program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Untuk jangka pendek diperlukan penambahan kapasitas produksi sebesar 20 ltr/dt., sedangkan untuk program jangka menengah direncanakan pembangunan Instalasi Pengolahn Air (IPA) sebesar 40 ltr/dt. dan untuk jangka panjang dibutuhkan pembangunan bak reservoir kapasitas 1.000 m3 sebanyak 7 unit. Untuk merealisasikan semua program ini, diperlukan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah dan legislatif.

Dari penjelasan dari Direktur PDAM Parepare, anggota DPRD Parepare dari komisi III Hj. Fersi Asnita Agang Sattung menyarankan agar PDAM Parepare mengajukan kebutuhan anggaran melalui Dinas Pekerjaan Umum Parepare khususnya pembelian pompa baik pompa isap Intake maupun pompa distribusi air untuk cadangan, pompa cadangan ini digunakan pada saat ada pompa rusak, dengan demikian pelayanan kepada pelanggan tidak akan mengalami gangguan distribusi air terlalu lama seperti sekarang ini. Sedangkan Sapril Tajuddin, S.Ssos meminta kepada Kepala Dinas PU Parepare H. Imran Ramli untuk meprioritaskan program PDAM Parepare karena ini bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Add comment


Security code
Refresh

 


 

+28
+30°
+21°

Parepare

Monday, 11
Tuesday   +31° +22°
Wednesday   +31° +22°
Thursday   +30° +23°
Friday   +31° +23°
Saturday   +32° +23°
Sunday   +32° +22°

Kami memiliki 46 tamu dan tak ada anggota yang online